Intake Manifold Nyaris Lepas Saat Jalan, Kok Bisa?

2 hari lalu, saat pulang dari kantor menuju rumah, di tengah jalan tiba-tiba terdengar suara aneh mirip motor tanpa filter udara di motor saya. Feeling ga enak nih, dan sampai di rumah benar saja, intake manifold sudah nyaris copot, untung karburatornya ga ikut copot :mrgreen:

Sebenarnya sih, beberapa hari sebelumnya lagi memang intake manifoldnya sudah sempat bermasalah. Jadi kronologis ceritanya, intake manifold yang asli sudah rusak termakan usia, akhirnya karena tidak ada cadangan spare part (biasa…pulsar… :p ) maka diakali dengan menggunakan selang radiator. Tidak ada masalah selama kurang lebih setengah tahun, lalu kemudian masalah baru datang kemarin :rofl:

Intake manifold dari selang radiator
Intake manifold dari selang radiator

Jadi “manifold” tersebut karena terkena panas dan sedotan mesin, otomatis mendesak karburator jadi untuk selalu maju. Karena panas, otomatis selang radiator jadi melunak dan agak menggembung karena mesin menyedot karburator. Karena bagian tengah agak menggembung, otomatis panjang intake manifoldnya jadi memendek dan menyisakan celah antara karburator dan filter udara. Disitulah masalah muncul pertama kalinya, saat itu saya hanya membenarkan posisi intake manifold saja agar lebih ke belakang.

Intake manifold
Intake manifold agak meleleh terkena panas

Akhirnya seperti judul di atas, malah ada gap antara manifold dan karburatornya, untung karburatornya ga copot :mrgreen: Dan pantas saja sih, selama kurang lebih seminggu motor pulsar saya kok tiba-tiba boros amat sangat. 😆

Tiba-tiba saya ingat klo beberapa minggu setelah ganti ke selang radiator sempat beli sparepart termasuk manifold yang asli secara online di Indipart, akhirnya pulang ke rumah orang tua dah, karena peratalan bongkar adanya di sana semua. :mrgreen:

Intake manifold asli
Intake manifold asli

Bongkar sendiri tengah malam, agak serem juga karena ga ada pengalaman pasang karburator sendiri, jadi cukup lama untung memasangnya. 2 hari ini sudah test, dan sepertinya tidak ada masalah berarti lagi dan semoga jangan ada yang aneh-aneh. Maklum saja, pulsar sudah 5 tahun juga, spare part langka, bengkel pun jauh. :mrgreen:

Ya itu sajalah yang bisa saya bagi kali ini, sekedar mengisi blog lagi saja :p

3 Comment

  1. Diky says: Balas

    Walah, untungnya udah ada cadangan yak manifoldnya ?

    1. pionize says: Balas

      Syarat melihara pulsar..siap cadangan sparepart..wahahaha

      1. Diky says: Balas

        Itulah seninya ya ?

Tinggalkan Balasan