Ternyata Aki Berpengaruh Terhadap Pengapian Motor

Masih fresh nih, jadi minggu lalu saya sempat bepergian ke luar selama 4 hari 3 malam. Sewaktu di luar itu, sempat kepikiran kalau aki motor Pulsar 220 saya pasti soak. Ya memang sih, sebelum pergi memang sudah sadar kalau aki motor sudah tidak sehat, karena sering ngadat kalau starter motor.

 

Dan benar saja, setibanya di rumah, saya langsung cek motor dan memang tidak bisa nyala :green_smile: . Langkah pertolongan pertama coba jumper dengan bantuan aki dari Mio Ibu saya, nyala deh. Panasin beberapa menit dan test lagi, dan bisa hidup lagi 😆 . Sempat kepikiran untuk langsung beli aki baru, tapi saya sampai di rumah sabtu sore, jadi sepertinya tidak sempat sih kalau kalau harus mampir beli aki.

Minggu pagi dengan deg-degan kembali menghidupkan motor, sempat beberapa kali tidak mau hidup, akhirnya mau hidup. Kalau sampai tidak mau hidup, apalagi pas di tengah jalan ya gawat, kan Pulsar 220 tidak ada starter kakinya, mana berat lagi kalau harus pakai teknik dorong 😆 . Akhirnya saya mampir ke toko aki favorit di barat Tugu Jogja, kalau tidak salah namanya Denso.

 

Ditawari aki FB dengan harga Rp. 380.000. Saya pikir akan di charge dulu, karena dulu sih pernah beli aki Toyo di sana juga di charge dulu (btw, umurnya 2 tahun). Mungkin karena hari minggu kali ya? Ada garansi 6 bulan juga dan disarankan tiap 2 bulan sekali pengecekan berkala ke tokonya, mumpung gratis 😀 .

Aki FB
Aki FB

Ok, sekarang ke pokok judulnya. Setelah dicoba, saya agak kaget sih dengan feeling motor Pulsar saya yang tiba-tiba berasa lebih ringan, tidak ada gejala brebet dll. Googling sana-sini, ternyata memang benar, kalau kelistrikan DC sangat terpengaruh oleh kualitas aki.

Cobain dipagi hari, hmm…benar saja, tidak ada gejala brebet seperti biasanya, cuma gara-gara ganti aki :lol:. Secara logika sih memang benar, kelistrikan-pengapian DC sumber daya dari aki, jika aki lemah maka akan sangat mengandalkan magnet, sementara arus dari magnet tidak stabil, maka pastinya api yang dihasilkan juga pasti lemah. Nah ini bisa buat masukan juga buat teman-teman yang motornya sudah modern seperti injeksi :D, selalu cek aki anda!

Tinggalkan Balasan