Oli boros, saatnya servis besar

Late post nih, kejadian sudah dari bulan Juli 2015 😀 .

Jadi ceritanya gini, sudah hampir setengah tahun motor saya rasanya agak boros oli. Makin lama, boros olinya makin menjadi. Dari beberapa kali servis, dugaan masih mengarah ke seal sproket depan, seal gear, dan terakhir seal dan o-ring magnet. Ya, memang ketiga seal tersebut kebetulan agak rembes, dan yang paling sulit adalah o-ring magnet. Karena tidak ada stok di bengkel manapun, akhirnya cuma di lem dengan sealant supaya tidak rembes, dan hal inilah yang menyebabkan saya masih terus menduga itu permasalahannya.

Setelah test beberapa saat, ternyata keadaan tidak semakin membaik. Kasus Oli boros pun masih terasa dan bahkan frekuensi menambah oli pun meningkat. Kalau biasanya sebulan sekali menambah oli, pada saat itu jadi seminggu sekali harus menambah oli, benar-benar boros sekali olinya 🙁 .

Akhirnya pada bulan Juli, saya memutuskan untuk servis besar dan ganti semua ring piston dan seal klep. Awalnya mekanik bengkel pun merasa bahwa bukan itu sumber masalahnya karena tidak ada tanda-tanda asap mengebul dsb.

 

servis besar
servis besar

 

Setelah dibongkar, ternyata memang ada tumpukan kerak di klep meski tipis, dan ada sedikit rembesan di ring piston. Sorry no pic untuk kali ini, lupa ngefoto.

Dan setelah diservis, saat ini sudah 1 bulan lebih motor tidak pernah minta jatah oli lagi. Kasus oli boros pun terselesaikan 😀 .

1 Comment

  1. […] OK, late post lagi. Ya, yang ini masih ada hubungannya dengan post yang sebelumnya. […]

Tinggalkan Balasan