Nyobain kampas kopling RX-Z di Pulsar 220

OK, late post lagi. Ya, yang ini masih ada hubungannya dengan post yang sebelumnya.

Untuk kasus ini, awal mula permasalahan adalah semakin lama saya semakin susah untuk memindahkan ke gigi netral. Perpindahan gigi di motor pun semakin lama semakin keras dan kasar, tapi untuk gejala slip kopling, tenaga loyo, dll sih tidak saya rasakan.

Nah karena review beberapa teman yang bilang kalau Pulsar 220 bisa langsung pakai kampas kopling Yamaha RX-Z alias PNP, maka saya memutuskan untuk mengikuti jejak mereka :mrgreen: .

servis besar
servis besar

Siang hari langsung meluncur ke bengkel dekat rumah untuk beli kampas kopling RX-Z, tapi ternyata tidak ada stoknya 🙁 , katanya memang stok terbatas. Akhirnya saya coba ke Kampus Motor di Jalan Magelang, dan sukses menebus kampas kopling RX-Z dengan kisaran harga 150.000 rupiah.

Minggu depannya, meluncur ke bengkel langganan saya di Jalan Parangtritis km 18 (jauh benerrr :p ) untuk servis besar dan ganti kampas kopling. Setelah dibongkar, ternyata memang kampas kopling yang ada sudah hangus, dan banyak kerak ampas kampas kopling yang menyangkut di filter olinya 😯 .

kampas kopling pulsar 220 gosong
kampas kopling pulsar 220 gosong

Proses pemasangan kampas kopling RX-Z pun dilakukan, dan ternyata memang PNP tapi kurang 1 biji. Standar Pulsar 220 butuh 6 lembar, sementara di RX-Z cuma ada 5 lembar, jadi 1 lembar sisanya masih pakai bawaan ori Pulsar 220.

Hasilnya??

Mantab!! Sangat!

Shifting gear sangat empuk dan halus. Sekarang pindah ke netral pun tidak jadi masalah, benar-benar nyaman dan empuk. Seandainya tau lebih awal sih, pasti dari dulu banget sudah saya ganti :D.

Tapi entah feeling saya atau bukan, rasanya agak sedikit boros bensin :p , tapi tidak masalah sih, karena sekarang jauh lebih nyaman. Oh ya, ada sedikit keanehan setelah ganti kampas kopling RX-Z, yaitu setelan kopling suka berubah sendiri.

Jadi kalau kondisi mesin sudah panas, jarak bebas gerak di koplingnya jadi bertambah lebar. Saat ini saya setel agak kencang, jadi kalau mesin masih dingin, jarak bebas di koplingnya minim sekali, tapi kalau mesin sudah panas, jarak bebasnya jadi pas 😀

 

2 Comment

  1. […] kopling pulsar saya yane menggunakan kampas kopling RX-Z , cerita sebelumnya dapat dilihat di Nyobain kampas kopling RX-Z di Pulsar 220 dan kampas kopling baru merk […]

  2. […] kopling pulsar saya yane menggunakan kampas kopling RX-Z , cerita sebelumnya dapat dilihat di Nyobain kampas kopling RX-Z di Pulsar 220 dan kampas kopling baru merk […]

Tinggalkan Balasan