Pentingnya Peralatan Keamanan Berkendara

Terlambat sih kejadiannya. Latar belakang saya menulis artikel ini karena orang tua saya abis jatuh dari motor karena menabrak becak yang tiba-tiba putar arah. Ya, meskipun dalam kecepatan rendah, seperti biasa ketika mengalami kecelakaan pasti ada luka-luka.

Pada kasus orang tua saya, cukup banyak luka di kaki dan tangan. Di kaki sendiri ada yg sedikit robek, mungkin terkena footstep maticnya 🙁 .

Berkaca dari kasus sederhana seperti itu seharusnya ada beberapa pelajaran yang bisa kita petik terutama tentang peralatan keamanan berkendara. Pelajaran paling sederhana misalnya:

1. Pakailah helm karena Anda peduli keselamatan Anda sendiri, bukan karena jarak jauh atau ada Pak Polisi 😀 . Ini yang biasanya jadi penyakit di masyarakat kita. Saya sendiri selalu menekankan pada teman-teman dan pacar saya, seberapapun dekatnya jarak yang akan ditempuh, pakailah helm untuk menambah keselamatan.

2. Pakailah alat-alat pendukung yang lain misalkan sepatu dan sarung tangan. Sepele kan? Kadang memang pakai sepatu jadi kurang leluasa buat jalan-jalan atau salah kostum :p . Tapi dengan sepatu dan sarung tangan setidaknya membantu anda mengurangi luka jika terjadi kecelakaan.

3. Gunakanlah kedua spion motor Anda, jangan salah satu saja, apalagi spion dilipat. Kalau ada yang bilang spion 2 ga gaul, justru spion 1 malah seperti gaya orang ngemis :mrgreen: . Ingat mata kita ada dua supaya bisa memandang lebih luas, demikian juga spion ada 2.

4. Sedikit OOT, jangan berkendara dengan mainan HP, patuhi rambu lalu lintas, dan tidak kalah pentingnya jalanan bukanlah arena MotoGP. Anda mau ngebut? Silahkan, tapi jangan libatkan orang lain kalau Anda celaka. Silahkan ngebut tapi jangan nabrak orang lain, tabrak pohon juga jangan, kasihan pohonnya.

 

Sebenarnya simpel dan sederhana asal kita bisa sedikit lebih disiplin dalam berkendara pasti akan membantu kita dan orang-orang di sekitar kita. Kadang kita terlalu menyepelekan masalah keamanan berkendara dengan alasan yang sepele tapi ingatlah dengan memperhatikan keamanan berkendara alias safety riding, kita turut membantu diri kita sendiri, karena semuanya berawal dari kita sendiri 🙂

Tinggalkan Balasan