Persiapan Install Custom ROM Android, Mudah atau Susah?

Oke, artikel ini tidak akan menjelaskan secara detil tentang bagaimana cara menginstall custom ROM. Artikel ini akan lebih fokus tentang persiapan menginstall custom ROM dan sedikit pengalaman tentang instalasi custom ROM pada brand handphone yang saya miliki yaitu Sony.

Sebelum anda menginstall custom ROM, ada baiknya anda melakukan persiapan berikut:

1. Tool untuk flash, kalau di Sony adalah flashtool.

2. File stock ROM asli dari firmware di handphone anda saat ini.

3. Root.

4. CWM recovery.

4. Backup data via CWM recovery.

Kenapa butuh flashtool dan stock ROM aslinya? Tentu saja karena jika instalasi custom ROM gagal, dimana akibatnya adalah bootloop, maka bisa langsung diperbaiki dengan flash ulang stock ROM. dengan demikian maka handphone anda akan kembali seperti standar.

Kenapa butuh root, CWM recovery dan backup data? Salah satu langkah (*tidak selalu) dalam menginstall custom ROM memerlukan wipe all data alias menghapus semua data, yang berarti semua data aplikasi dan kontak akan hilang. Dengan backup data dari CWM recovery maka data dapat dikembalikan seperti semula jika kita memutuskan menggunakan stock ROM kembali.

Root sendiri biasanya dipakai untuk menginstall CWM recovery, dan CWM recovery sendiri selain untuk melakukan backup data, biasanya digunakan untuk instalasi custom ROM itu sendiri.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan ketika akan menginstal custom ROM (dengan CWM recovery)?

1. Hapus dalvik cache

2. Sangat disarankan untuk hapus data, alias wipe all data.

3. Pastikan file custom ROM yang anda download tidak corrupt. Cara mengeceknya adalah dengan menggunakan winrar atau winzip, jika bisa dibuka dengan aplikasi tersebut maka tidak ada masalah 😀 .

4. Untuk ROM tertentu biasanya membutuhkan Unlock Bootloader. Unlock Bootloader biasanya pada handphone Sony, HTC, dan beberapa handphone Samsung.

5. Cek apakah handphone anda mengijinkan untuk melakukan Unlock Bootloader. Untuk handphone Sony, dapat melakukan pengetesan dengan *#*#7378423#*#* (atau dibaca: *#*#SERVICE#*#*) pilih service info, kemudian pilih Configuration. Jika ada tulisan Bootloader unlock allowed: Yes, maka handphone anda dapat melakukan Unlock Bootloader.

Apa kegunaan Unlock Bootloader?Apakah setiap instal custom ROM membutuhkan Unlock Bootloader?Unlock Bootloader biasanya dibutuhkan ketika custom ROM yang digunakan bertujuan untuk menginstall kernel sekaligus, ketika kita menggunakan kernel bawaan maka tidak dibutuhkan.

Jadi singkatnya custom ROM tanpa perubahan kernel tidak membutuhkan Unlock Bootloader, dan custom ROM tersebut lebih bersifat optimalisasi performa dan perubahan tampilan. Biasanya jika melakukan pergantian kernel, perubahan performa akan lebih terasa.

Jangan lupa Unlock Bootloader berakibat garansi benar-benar hangus karena biasanya terdeteksi dan beberapa fitur bawaan hilang. Untuk Sony, Unlock Bootloader berakibat fitur bravia engine hilang dll (*lupa) :mrgreen: . Bootloader bisa di relock, tapi fitur Bravia Engine tetap hilang, kecuali sebelum melakukan Unlock Bootloader anda melakukan backup TA partition. Setelah di relock dan backup TA partition di restore, maka fitur Bravia Engine bisa kembali.

Unlock Bootloader (pada Sony) biasanya akan menghapus semua data, termasuk data di SD card 😆 .

Bagaimana cara melakukan Unlock Bootloader? Bisa langsung ke sumbernya saja deh kalau itu di www.xda-developers.com :D.

Apa resiko ketika gagal instalasi custom ROM?

Resiko yang paling ditakutkan tentu handphone menjadi brick, alias menjadi bata, alias mati total. Resiko lebih rendahnya adalah handphone bootloop, alias handphone anda akan restart sendiri sebelum sempat berfungsi normal.

Sepengalaman saya ketika melakukan instal custom ROM di Sony Xperia SL, saya sudah mengalami yang namanya bootloop, ketik boot sampai logo SONY langsung restart sendiri :mrgreen: , dan pada percobaan berikutnya karena memaksa dan tidak mengikuti langkah yang benar Xperia SL saya pun menjadi brick total alias tidak bisa dihidupkan :'( 🙁

Apa keuntungan install Custom ROM?

Hal ini tergantung dari fitur yang ditawarkan Custom ROM tersebut. Ada yang menawarkan performa yang meningkat drastis, ada yang menawarkan fitur-fitur yang ada di handphone level atasnya, ada yang menawarkan tampilan, dsb.

Mungkin ini saja yang bisa saya bagi. Kalau ada yang mau ditambahkan atau mau berbagi cerita silahkan di komentari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Bang, kalo hp kita udah unlock bootloader, tetapi saya gagal flash kernel dari cm 11? Setelah saya selesai fastbot kernel, dan reboot hp saya tidak bisa masuk menu recovery alias bootlop. Adakah solusi gan. Makasih banyak atas infonya sulu

  2. Excellent blog you have got here.. It’s difficult to
    find good quality writing like yours these days.
    I honestly appreciate individuals like you! Take care!!