Share Pengalaman Servis di Sony Service Center

Sedikit share tentang pengalaman saya yang harus menginapkan handphone Sony Xperia SL saya di Sony Service Center (SSC). Sejak awal membeli Sony, saya sudah mencari-cari sedikit informasi terutama lewat kaskus tentang aftersales dari Sony. Dari hasil mencari-cari informasi tersebut, ternyata banyak sekali pengalaman yang kurang menyenangkan jika harus berurusan dengan Sony Service Center untuk service handphone, namun untuk service produk lain Sony rata-rata memberikan pendapat yang cukup positif. Bahkan sempat beredar petisi dari salah satu konsumen Sony Mobile untuk Sony Service Center Indonesia yang terkesan cukup lambat dalam menangani perbaikan.

Xperia SL
Xperia SL

Meski sudah mengetahui hal tersebut, saya tetap memutuskan membeli Xperia SL pada Juni 2013. Pada awal November 2013, karena sesuatu hal (apa ya?next artikel saja :mrgreen: ), akhirnya saya harus berhadapan juga dengan SSC. Anggap saja saat itu Xperia SL saya sudah mati total, di charge pun tidak bisa.

Pada awalnya pihak SSC mengatakan bahwa mungkin hanya terjadi masalah pada baterai, dan karena Xperia SL baterainya tidak bisa dilepas, maka haarus menginap untuk dibuka baterainya, diinject manual, dan di flash ulang. Pada sore harinya, saya mendapat telpon bahwa salah satu sekrup tidak bisa dilepas dan harus dikirim ke pusat, dan estimasi pengerjaan antara 1,5 bulan sampai 4 bulan 😮 . Seketika itu langsung depresi 😆

Akhir bulan pertama saya konfirmasi lagi, belum ada jawaban pasti. Seminggu sebelum akhir bulan kedua, saya konfirmasi lagi juga belum ada jawaban pasti. Saya juga mencoba mengirimkan email ke Sony pada saat itu dan mengirimkan message ke facebook Sony Mobile Indonesia dan Sony Indonesia, dan hasilnya tidak ada tanggapan :mrgreen: . Email ke Sony hanya diberikan nomor tiket pendaftaran keluhan, tapi tidak jelas apa yang harus saya lakukan berikutnya. Akhirnya ya sudahlah, saya beli handphone pengganti, tapi tetap beli Sony lagi 😆 (*fansboy kayaknya 😆 )

Xperia SL
Xperia SL setelah keluar dari SSC

Pada tengah bulan Januari, akhirnya saya mendapatkan SMS bahwa Xperia SL saya siap diambil, semangat membara lagi 😀 . Sampai ke SSC, diberitahukan bahwa Xperia SL saya di replace unit baru. Sayangnya penutup USB saya yang hampir rusak tidak termasuk dalam penggantian unit (*ngarep). Cek kondisi, semua normal kecuali layar yang lebih kekuningan. Mungkin unit yang digunakan untuk mereplace tersebut produksi yang lebih awal, karena setahu saya Xperia S/Xperia SL produksi awal layarnya lebih kekuningan. Tapi ya sudahlah, tak mengapa, yang penting bisa dipakai lagi, meskipun yang memakai akhirnya Ibu saya. Saya tetap memakai Xperia SP 🙂 .

Layar Xperia SL
Layar agak kekuningan

Ya sudah, cuma gitu aja sih.. :mrgreen:

Bagi saya pribadi, dengan penggantian unit yang baru, sudah cukup puas meskipun unit pengganti ada sedikit kekurangan dan harus menunggu lama.

Mungkin ada yang punya pengalaman dengan Sony Service Center? Boleh di share di sini 😀

3 Comment

  1. Cakka says: Balas

    wah andrew punya blog… keren

    1. pionize says: Balas

      udah lama mas bro..cuma sebelumnya server wordpress 😀
      jarang aktif juga dulu..hehehe

  2. Syah says: Balas

    saya dulu pake xperia U dan kena harus servis… 2 bulan tanpa kepastian haha

Tinggalkan Balasan