Share Pengalaman Menggunakan Oli Encer

Share lagi ah pengalaman pribadi. Sebelumnya, di sini saya tidak ada maksud menghakimi atau menjudge bahkan menjelek-jelekan merk πŸ˜† *sok serius.

Saya ingin berbagi pengalaman menggunakan oli encer 10W-40 dengan merk buatan dalam negeri πŸ™‚ . Biarkan gambar saja deh yang berbicara meski gambarnya cuma ada 3 akibat file saya terhapus.

Piston pulsar 220 baret
Piston pulsar 220 baret halus

Piston pulsar 220 baret akibat penggunaan oli encer
Piston baret akibat penggunaan oli encer
Piston pulsar 220 berkerak
Piston pulsar 220 berkerak lumayan

Pada gambar di atas adalah piston pulsar 220 dengan umur pemakaian sekitar 22.000 km. Kondisi piston baret halus πŸ˜† dan sudah setahun lebih memakai oli encer 10W-40, meski ga encer-encer banget sih :p . Kondisi motor adalah standar ting-ting, tidak ada modif dalaman mesin, pemakaian harian normal ala kadarnya, belum pernah touring jauh, rutin mengganti oli dan tidak pernah kehabisan oli πŸ˜€ .

Jujur saja, memang susah menghakimi bahwa kerak dan baretnya piston hanya akibat pemakaian oli encer 10W-40 tadi. Kerak pada piston juga bisa diakibatkan setelan bensin yang kurang pas atau juga dapat diakibatkan jenis oli, yang juga berpengaruh terhadap kerak yang ada di piston.

Saya jadi ingat sering mendapat cerita dari mekanik Bajaj bahwa oli sering terjadi piston baret dimana oli yang dipakai merupakan oli encer 10W-40. Standar oli yang disarankan di motor Bajaj Pulsar saya sendiri adalah 20W-50. Kalau kata mekaniknya sih, karena memang desainnya tidak pas untuk encer, pelumasannya tidak optimal.

Pengalaman yang sama sebenarnya juga pernah saya lakukan sewaktu menggunakan scorpio. Dulu saya menggunakan oli encer 10W-40, untuk berapa lamanya saya lupa, tapi kalau tidak salah sekitar 2-3 tahun, dan kemudian berujung ganti piston dan oversize mesin karena berasap putih jika pagi hari terutama jika menggunakan oli encer :mrgreen: .

Sewaktu menservis motor Scorpio, saya juga mendapatkan saran yang sama, yaitu oli yang dipakai sesuai standarnya saja, jangan keenceran, kalau mau sedikit encer pakai yang 20W-40. Akhirnya setelah ganti piston dan oversize mesin, saya kembali ke standar saja 20W-50.

Sebenarnya dengan menggunakan oli yang cukup encer 10W-40 akselerasi motor menjadi lebih ringan, jadi lebih nyaman diajak ngebut, tapi suara mesin relatif lebih kasar :mrgreen:

Kalau ada yang punya pengalaman yang sama atau berbeda, atau punya pendapat lain, boleh juga dibagikan di sini :D.

5 Comment

  1. Anggi says: Balas

    coba pake yg 15W-40 aja gan, siapa tau tarikan lebih enak dari 20W tapi piston gak baret2 gitu πŸ˜€

    1. pionize says: Balas

      Iya nih..kayaknya mau coba2 yg skitar itu.. πŸ˜€
      Harusnya si lbh enteng..dan ga terlalu berisik πŸ™‚

  2. CuPcAkE says: Balas

    nyimak gan

  3. syaiful says: Balas

    supra x 125 2009 pakai oli 10w-40 aman- aman aja tu,nggak ada gejala baret kaya gitu,pakai oli kardus biru ( B***1)made in indonesia yang mengandung anti gesek yang tinggi.

  4. Arian says: Balas

    Berbagi pengalaman base on apa yg sy dpt dr tmn yg kerja di distributor oli(import), tp tdk menghakimi merk oli tertentu apa lg lokal, krn yg sy tau(tlg Koreksi klo Salah)…Produsen oli BUMN kita sbnrnya memakai oli import merk Sh***…itu yg sy dgr..krn slh satu kolega dekat sy kerja di BUMN itu, tp itu sy tau sekitar thn 99-00 an…skrg sy tdk tau msh Atau kita Sdh bs development oli sndiri…maaf sedikit kluar jalur, krn bro TS post mention oli lokal, tp menurut tmn sy yg diatas td sy sebutkan, klo kita mau liat oli itu bagus atau tidak,ini Dilluar kalau2 oli yg kita dpt palsu/oplosan…makanya sy setiap Kali ganti oli sy minta botol bekas nya dihancurkan…Dan sy jual oli bekas di Bengkel pasti sm org yg sy tau/Kenal Bahwa dia gunakan oli bekas itu utk keperluan legal…bkn sy sok suci,tp klo kita yg pas dpt oli palsu kan yg Rugi kita jg…hrs os boring,dll…yg sy tau Tanpa Ada mxud mgajarin,hanya berbagi sesama brotherhood bikers..liat kualitas oli mesin itu slh 1 nya dr API yg tertera di botol oli, kan Ada API SL,API SG,API SJ,dst…huruf belakang nya makin dekat abjad nya ke Z itu semakin tinggi grade oli nya..skrg ini yg paling tinggi msh SN, tp utk mtr std API SJ,SL udh cukup menurut sy, Saran sy beli oli di tempat yg kita Percaya atau di distributor nya misal Pertamina ya kita beli di pomp Bensin Pertamina misalnya,atau di Toko langganan kepercayaan anda td, itu utk merk2 yg laku, utk merk yg jarang & agar sedikit hrg nya lbh tinggi sedikit atau yg banyak(mahal)..tp yg jelas pelaku Tullang oplos oli ga Akan Memalsukan merk2 tsb, misalnya m*****/L****/A***,dll mohon maaf klo Ada kata2 yg menyinggung,tdk bermaksud sengaja…Thanks Salam bikers, support Produsen lokal kita dlm Hal oli, jg dukung para pemalsu dgn memberikan botol bekas,oli bekas Kpd sembarangan org dutamakan ditujukan para Bengkel2 di Nusantara…

Tinggalkan Balasan