Rantai motor awet?tidak awet?

Nulis tentang rantai motor saja deh kali ini :mrgreen: . Kali ini cuma sedikit berbagi pengalaman tentang rantai motor.

Selama saya pernah naik motor, saya belum pernah ganti rantai motor. 9 tahun bersama scorpio, gejala rantai kendur pun tidak ada. Mungkin rantai hanya sedikit dorceng (kendor-kenceng). Selama 9 tahun bersama Scorpio sampai pada akhirnya dijual tahun 2013 lalu, Scorpio saya juga tidak hanya melewati medan kota tapi juga sempat berpergian ke gunung tiap hari sabtu untuk membantu saya kerja part time. Scorpio saya juga sempat menemani touring dari Yogyakarta ke Blitar dan ke Kudus.

Lalu kenapa tidak mudah rusak? Sejujurnya saya juga kurang paham, tapi ini yang rutin saya lakukan kala itu:

1. Membersihkan rantai. Memang tidak perlu sering-sering dibersihkan sih. Saya membersihkannya dengan mencopot rantai dan disikat dengan menggunakan sabun.

2. Rutin memberi pelumas. Jika musim hujan, biasanya makin sering memberi pelumas, karena dulu pernah lupa tidak diberi pelumas akhirnya berkarat sedikit.

3. Tidak membersihkan rantai dengan menggunakan bensin atau minyak tanah. Rantai Scorpio menggunakan O-Ring yang berfungsi untuk menahan pelumas, dan jika O-Ring yang merupakan karet diberi bensin/minyak tanah maka justru gampang getas.

Simpel kan? Alasan lain mungkin karena harga part rantai Scorpio yang keterlaluan mahalnya sekitar 700.000 rupiah kalau yang original. Selain itu rantai Scorpio tidak memiliki sambungan, jadi mungkin hal ini juga menambah keawetan rantai.

Lalu bagaimana dengan rantai yang lain? Saat ini saya menggunakan Bajaj Pulsar 220, dan belum menemukan gejala rantai kendor di 26.000 km. Kalau tidak salah ingat, rantai Bajaj termasuk mudah kendur berdasarkan testi teman-teman. Perlakuan yang sama juga saya lakukan pada rantai Bajaj ini.

rantai motor mulai berkarat
rantai motor mulai berkarat

Tapi kalau Anda memasang ban gambot, pasti akan berpengaruh terhadap umur rantai :mrgreen:, apalagi ban gambot plus tubuh rider yang besar :mrgreen: .

Rajin-rajin saja memberikan pelumas rantai sudah lebih dari cukup, setidaknya akan menghambat karat di rantai. Daripada kita harus mendorong motor karena rantai putus, apalagi kalau malam-malam 😆 , lebih baik rantai dirawat :D.

Tinggalkan Balasan