Oh, UN itu Begini?

Eh..ternyata mau UAN dari jaman kapan saja…mau caranya bagaimana saja..entah tabah fitur barcode, dll, kalau semangat pendidikan saja seperti ini rasanya kok sangat mengenaskan?

Memang UAN bukan segalanya dan bukan tolak ukur prestasi selama 3 tahun mendalami ilmu di sekolah, tapi kalau cara seperti ini yang ditempuh ya sama saja cuma mengajarkan para murid untuk mencari jalan yang mudah dengan cara yang curang..
Pantas sajalah banyak murid yang tumbuh dengan tidak “sehat” secara mental dan semangat. Tidak heran kasus korupsi tidak pernah menurun, dari kecil saja sudah diajari curang.

Bukan maksud saya untuk sok bersih dan sok pintar, apalagi menggurui. Tapi untuk ujian nasional seperti ini tampaknya sangat tidak pantas untuk menempuh cara curang.

Dalam dunia kerja saja saat ini saya sering merasakan sendiri dan menemukan, bahwa tingginya nilai ternyata tidak berbanding lurus dengan pengetahuan dan ilmu yang sebenarnya. Ada yang nilainya bagus, tapi sewaktu praktek kerja ternyata tidak bisa apa-apa.

Saya sendiri juga merasakan, waktu kuliah tidak serius, meski secara IPK saya lumayan, tapi sewaktu kerja ternyata banyak sekali yang harus dikejar. Puji Tuhan sih, saya masih bisa mengejar pengetahuan untuk kerja saya dengan tepat waktu. 🙂 Berbekal pengalaman saya tersebut, saya ingin mengajak teman-teman semua yang masih sekolah untuk lebih serius dalam menempuh pendidikan. Ingat nilai itu bukan segalanya, nilai mungkin cuma sebagai pengantar saja, tapi KUALITAS pribadimu lah yang menentukan langkah masa depanmu 😀

2 Comment

  1. cs1 domba garut matius 250 kph says: Balas

    murid diajari curang
    usaha sedikit nilai bagus
    terbiasa curang
    udah gede korupsi deh
    usaha sedikit uang banyak

    1. pastinya lingkaran setan ini susah diputus klo ga ada kesadaran masing-masing pihak

Tinggalkan Balasan