Firebug – Web Development Evolved

Pernah mengalami kesulitan sewaktu melakukan tracking eror pada saat pembuatan website? pernah kesulitan melakukan tracking pada saat pembuatan javascript? bila ya, maka firebug adalah solusi anda.

Firebug adalah aplikasi opensource, dan merupakan add-on buat mozila firefox. Firebug sangat berguna ketika melakukan website development. Berikut ini adlaah fitur-fitur yang ditawarkan oleh firebug:

  • Inspect & Edit HTML – kita bisa melakukan modifikasi terhadat source code secara realtime langsung pada browser. sehingga kita bisa langsung tahu effect dari perubahan code yang kita lakukan.
  • Tweak CSS To Perfection – Terdapat fasilitas untuk melakukan modifikasi terhadap CSS secara realtime.
  • Visualize CSS Metrics – Kita bisa melihat besarnya sebuah div yang kita miliki, mulai dari margin nya, padding nya, hingga ke border nya. sehingga kita bisa membuat sebuah hipotesis sebelum melakukan perubahan.
  • Monitor Network Activity – Kita dapat memonitor semua kinerja yang dilakukan oleh website kita. melihat loading time, melihat apa yang perlu dicompress, dll.
  • Quickly Find Errors – Kita bisa melihat eror pada saat membuat sebuah source javascript secara langsung. Sehingga kesulitan kita saat membuat source javascript dapat teratasi.
  • Execute Javascript On The fly – Kita dapat menjalankan sebuah perintah javascript secara langsung tanpa perlu melakukan refresh terhadap website.

Okay itu hanya sedikit gambaran singkat dari fitur Firebug, untuk lebih jelasnya bisa mampir ke <a href=”http://getfirebug.com/”>official site</a> firebug.

credit to
Okay itu hanya sedikit gambaran singkat dari fitur Firebug, untuk lebih jelasnya bisa mampir ke official site firebug.

Tinggalkan Balasan